Selasa, 24 Januari 2012

Propertykita.com: Situs Lokal yang Berkembang Pesat

MESKI relatif masih baru, namun situs pencarian jual-beli dan sewa properti ternama di Indonesia,www.propertykita.com, telah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Tidak hanya dari pengunjung yang masuk kewww.propertykita.com, namun dari sisi revenue juga mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan.

Menurut Ricky Conrad, CEO PropertyKita.com, seiring kian membaiknya industri properti dalam 3 tahun terakhir ini, serta kian maraknya pengguna teknologi di Tanah Air, media online pencarian properti (rumah, ruko, apartemen, dan ruang usaha) www.propertykita.com terus bergairah. “Dari sisi visitor www.propertykita.com, dibanding 2010 lalu kami mengalami peningkatan luar biasa, yakni lebih dari 400 persen,” ujarnya.

Sementara itu jika dilihat dari sisi revenue, kepercayaan para pemasang iklan juga mengalami pertumbuhan yang sangat tinggi. “Hingga tutup buku minggu terakhir Desember ini, revenue www.propertykita.com, naik sekitar 600 persen. Ini sungguh mengembirakan kami. Dan kami pun berkomitmen untuk meningkatkan pertumbuhan ini, serta memperkuat brand image www.propertykita.com di Indonesia,” paparnya.

Lebih lanjut Ricky mengungkapkan kedepan manajemen www.propertykita.com semakin optimistis, mengingat potensi pasar situs pencarian properti di Indonesia akan jauh lebih besar. Apalagi jika dikaitkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang saat ini mencapai lebih dari 250 juta jiwa, dan semakin banyaknya masyarakat yang melek teknologi, media online akan menjadi alternatif dalam mencari properti yang diinginkan.

“Atas kemajuan dan peningkatan yang sangat mengembirakan tersebut, pada kesempatan ini kami juga ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar sebesar-besarnya kepada para pengunjung, maupun para penjual properti yang mempercayakan www.propertikita.com sebagai media untuk mempromosikan propertinya. Lebih khusus lagi ucapan terima kasih ini kami sampaikan kepada para pengembang yang tergabung dalam anggota Real Estate Indonesia (REI), Agen properti, maupun masyarakat umum (individu) yang selama 2011 ini cukup antusias menyambut kehadiran www.propertykita.com,” terangnya.

Optimis di Tengah “Gempuran” Investor Asing

Besarnya potensi pasar bisnis media online properti di Indonesia tidak luput dari ‘radar’ para investor asing. Tengok saja, dalam 2 tahun terakhir bisnis ini semakin ramai dengan masuknya para investor asing seperti dari Singapura, Malaysia, dan Australia.

Kendati begitu, www.propertykita.com hingga saat ini masih tetap mampu bertahan dan bahkan menjadi pilihan utama para pencari maupun pemasar properti. “Kami sangat yakin, bahwa kami mampu dan tetap menjadi nomor satu di Indonesia. Saat ini saja bisa saya katakan propertykita sudah menjadi yang terbaik. Hal ini dapat dilihat dari berbagai sisi. Dari sisi revenue, kami paling tinggi, traffic kami tepat sasaran, listing kami juga paling banyak. Keyakinan kami semakin kuat, karena sebagai situs lokal dan dikelola oleh SDM lokal yang terbaik di bidangnya, kami tentu lebih tahu budaya dan kebutuhan masyarakat Indonesia,” ujarnya optimis.

Sementara itu, Fenny Liana, General Manager Sales & Marketing PropertyKita, memaparkan, www.propertykita.com adalah media properti online lokal terbaik, yang memberikan informasi jual, beli, dan sewa properti terlengkap saat ini. “Kemajuan pesat yang kami capai hingga kini, membuat kami memiliki jumlah iklan listing properti lebih dari ‘128.000 listing’untuk yang dijual atau disewa, lebih dari ‘23.000 Agen’ properti beriklan (termasuk agen independen), serta lebih dari ‘110 Developer’ beriklan dengan pengunjung situs lebih dari ‘40.000/day’,” ujarnya.

Bagi pengembang atau pemasang iklan lainnya, berpromosi di www.propertykita.com memperoleh nilai tambah yang tidak mereka dapatkan di situs sejenis lainnya. “Setiap banner atau iklan yang kami tayangkan dibuat dengan program khusus, sehingga tampilannya lebih atraktif dan menarik, namun tidak mengurangi kecepatan dalam mengakses situs propertykita,” imbuh fenny.

Jalin Kerja Sama

Sebagai media online yang berbasis teknologi terkini, strategi promosi yang dilakukankan propertykita.com-pun lebih mengutamakan melalui digital marketing, dengan menerapkan pelbagai program promosi tersebut melalui jejaring sosial media, seperti Google, Facebook, dan Twitter.

“Dan sekarang inipun kami sudah menyiapkan agar propertykita.com ini dapat diakses mobile dengan aplikasi yang bisa digunakan pada Ipad, Android, BlackBerry (BB), dan lainnya. Ini tentu akan lebih membantu dan memudahkan para pencari properti, kapanpun dan dimanapun berada tanpa terbatas ruang dan waktu,” kata Ricky.

Selain itu imbuh Ricky, strategi konvensional tetap dijalankan, seperti event-event pameran properti, Rakernas REI, Rakerda REI, seminar mengenai properti, dan sebagainya, disertai melakukan flyering sebanyak 4.000 flyer/hari di gedung-gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan.

Sementara untuk terus memajukan industri media online, khususnyawww.propertykita.com, manajemen PropertyKita.com telah menjalin kerja sama dengan beberapa Situs Partner sebagai bentuk efektivitas dan efisiensi yang dapat disajikan melalui teknologi informasi. “Dengan demikian, masyarakat akan lebih mudah mendapatkan properti, karena listing yang kami miliki akan tersebar di beberapa situs ternama di Tanah Air,” terang Ricky.

Untuk tahap awal ini, manajemen www.Propertykita.com sudah melakukan kerjasama dengan beberapa situs besar lainnya di Indonesia, diantaranya; www.propertynbank.com, www.reindonesia.org, dan www.konsumenproperti.com.

Menurut Indra Utama, CEO Jurnalis Media Group, penerbit Majalah Property&bank dan pengelola situs www.propertynbank.com, kerjasama ini sangat positif. “Tujuannya tak lain adalah untuk memajukan industri properti di tanah air” ujarnya.

Di jelaskan Indra, ada kesamaan konsumen yang dibidik oleh propertykita.com dan property&bank, yaitu mereka yang membutuhkan informasi tentang properti dan industri terkait lainnya. “Jadi ini sangat positif dan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak,” terangnya.

Langkah berikutnya PropertyKita.com juga akan melakukan kerjasama dengan beberapa situs lokal besar lainnya. “Kami targetkan di tahun 2012 nanti, kami akan menjalin dengan 50 situs lokal ternama di Tanah Air, agar properti yang dicari, dijual, dan disewakan lebih tersebar,” tandasnya. (Erlan Kalllo)

1 komentar: